Minggu, 30 Desember 2012

CHEVROLET ORLANDO, MPV dari Chevrolet

Tampaknya chevrolet kini sudah melirik belahan dunia lain untuk memproduksi sebuah transporter. Setelah sukses dengan Captiva dalam segmen mobil keluarga, kini kehadiran Chevrolet Orlando bisa dijadikan pilihan lain untuk keluarga.  Dan MpV menjadi opsi. Pasar Eropa dan Asia cenderung memilih MpV karena kapasitas yang besar serta kepraktisan yang ditawarkan. Untuk itulah Chevrolet serius menggarap Chevrolet Orlando yang notabene tidak melirik pasar Amerika untuk meraup pundi. Sejak kehadiran Orlando Concept beberapa tahun silam di Paris Motor Show, kini versi produksinya juga akan diperkenalkan   Di Amerika pasar MpV tilak terlalu bagus, biasanya masyarakat Negeri paman iam itu melirik SUV atau mobil-mobil besar. Namun etelah krisis finansial 2009 dan keterpurukan ekonomi Amerika, maka harus ada Pilihan Iain memproduksi mobil yang dapat digunaan worldwide.  

Secara keseluruhan desain memang sama karena memang mengambil sasis yang sama tentunya, hanya saja varian konsep lebih kekar dan mature dibandingkan dengan versi produksi yang seolah memang dikhususkan untuk keluarga. Mungkin Anda ingat Chevrolet Captiva dan S3X Concept. Seandainya Captiva memiliki Waiah macho seperti konsepnya, bisa jadi  lebih banyak konsumen yang akan meminangnya. Tapi toh, Chevrolet Orlando versi produksi masih memberikan desain yang ciamik dengan garis tegas yang memperlihatkan ruang lapang di interior.

Bagian depan sepintas sama dengan Captiva dan Cruze dengan gril terbelah oleh logo di tengahnya. Lampu besarnya memberikan rasa aman dengan sinar yang lebih lebar.  Dari samping terlihat bentuk bodi yang boxy, terutama pilar-D yang mengotak. Hal ini menunjukkan ruang kepala yang lega untuk penumpang baris ketiga.Bila mengambil sasis Cruze, maka sumbu rodanya tidak akan jauh dari 2.658-2.700 mm, sementara Toyota Kijang Innova memiliki sumbu roda 2.750 mm.  Lalu bagaimana dengan rencana produksi MPV 7-seater di Indonesia? Apakah Orlando jawabannya? Atau setelah Orlando akan ada lagi MPV yang lebih ramah harga? Kita nantikan saja kejutan Chevrolet untuk Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar